2021 Honda CRF450RL | Review


Berkuda di pasir adalah urusan suka atau tidak suka. Mereka yang menyukainya merangkul pendekatan "gas on, brain off", menjaga berat badan mereka kembali dan pegangan yang longgar di stang, memungkinkan roda depan melayang dan berburu. Kecepatan dan momentum adalah teman Anda di pasir, tetapi mereka juga tipe teman yang suka menakut-nakuti bejeezus dari Anda. Ketika keraguan atau ketakutan muncul dan Anda memutar gas, roda depan menabrak pasir dan seperti saklar lampu benar menjadi salah.

Pengalaman awal saya mengendarai pasir adalah di Kawasaki KLR650 '98 saya yang lama, sebuah dual-sport yang solid dan dapat dipercaya yang sangat mampu off-road karena kekuatannya yang terbatas, bobot yang besar dan suspensi yang murah. Saya telah mengendarai pasir dengan sepeda petualangan ukuran penuh, dan meskipun dapat dilakukan, itu selalu membuat saya takut, sebagian karena roda 19-depan, ban 90/10, dan bobot trotoar 500-plus-pon menumpuk di geladak mendukung bahaya.

Seperti speed boat, naik pasir yang sukses membutuhkan "naik pesawat" dan meluncur di atas. Itulah mengapa kecepatan sangat penting, dan semakin ringan motor (dan pengendara), semakin baik. Saya belajar untuk berhenti khawatir dan menyukai pasir di KTM 690 Enduro R saya, yang lebih ringan dan lebih bertenaga daripada KLR saya dan memiliki suspensi luar biasa yang memaafkan banyak kelemahan saya. Mengeluarkan 100 pon dari bobot sepeda motor benar-benar mengubah kelincahan dan penanganannya, terutama off-road.

Yang membawa kita ke Honda CRF 450RL. Tip timbangan kami di 286 pon, 54 pon lebih ringan dari KTM saya. Olahraga ganda hidup di dunia ganda di dalam dan di luar jalan dan pertukaran harus dilakukan. Untuk membuat sepeda motor off-road legal jalan, lampu, lampu sein, klakson dan kaca spion harus ditambahkan, yang semuanya menambah bobot. Mesin dan knalpot perlu direvisi untuk menangani jarak tempuh yang lebih tinggi dan memenuhi emisi. Konsesi lebih lanjut untuk kemampuan on-road, seperti ABS, tangki bahan bakar yang lebih besar, kursi yang lebih nyaman, subframe yang dirancang untuk membawa barang bawaan dan mungkin penumpang, menambah bobot lebih banyak lagi. Saat membeli dual-sport, Anda harus bertanya pada diri sendiri apa yang paling penting kenyamanan on-road atau kemampuan off-road? 

Berasal dari motorcrosser CRF450R, CRF450RL bersandar kuat ke ujung skala off-road. Single 449cc yang ringan, kompak, dan berpendingin cairan memiliki rasio kompresi 12:1 dan rangkaian katup Unicam SOHC dengan katup titanium. Pembaruan untuk 2021 termasuk ECU yang direvisi dan pengaturan injeksi bahan bakar untuk respons throttle yang lebih baik, pelindung tangan baru, dan grafis baru. Meskipun kami tidak menempatkan CRF450RL pada dyno, hasil yang dipublikasikan di tempat lain menempatkan tenaga kuda roda belakang di 30-an tinggi dan torsi di 20-an tinggi. Tenaganya sangat mudah dikendalikan, cukup tajam untuk mengangkat roda depan atas perintah dan cukup murah hati untuk melaju dengan kecepatan 75-80 mph melintasi gurun atau di jalan bebas hambatan, yang dilakukan dengan cukup lancar berkat penyeimbang yang digerakkan oleh roda gigi. Tetapi dengan kursi yang keras dan sempit dan tangki 2 galon, perjalanan panjang di jalan tidak benar-benar cocok, untuk informasi harga di Harga Motor Honda.

Ketika fotografer Kevin Wing menyarankan agar kami trailer CRF450RL dan Yamaha YZ250F-nya ke Dumont Dunes untuk pemotretan sehari penuh, saya berkata "Tentu saja!", berharap antusiasme saya akan menutupi keraguan saya. Meskipun saya telah belajar untuk berdamai dengan naik pasir dan bahkan menikmatinya pada beberapa kesempatan, pasir yang saya kendarai datar. Di Dumont Dunes, area berkendara di luar jalan raya yang mencakup hampir 8.000 hektar di dekat Taman Nasional Death Valley, satu-satunya pasir datar ada di area parkir. Competition Hill, bukit pasir tertinggi, menjulang lebih dari 500 kaki di atas dasar gurun. Anda tahu betapa sulitnya berjalan di atas pasir yang longgar di pantai? Sekarang bayangkan mengendarainya dengan sepeda motor pada 45 derajat menanjak!

Beruntung, para dewa sepeda motor tersenyum kepada kami. Kami pergi ke Dumont Dunes pada hari Selasa terakhir di bulan Januari, dan malam sebelumnya hujan, mengepak pasir dan menyelimuti Kingston Range di dekatnya dengan lapisan salju. Badai besar lainnya diprediksi akan terjadi pada hari berikutnya, dan mengingat jendela pendek, area OHV semuanya kosong. Itu adalah hari langit biru yang sempurna dengan suhu tertinggi sekitar 50, namun kami hanya melihat satu kelompok lain, sekelompok beberapa quads waaaaaaay di kejauhan. Bukit pasir itu masih asli, dengan sedikit jejak di atasnya. Jika saya mempermalukan diri sendiri, Kevin akan menjadi satu-satunya saksi saya!

Dari trailer dengan sidestand panjang yang bertengger di atas batu agar tidak tenggelam ke pasir, CRF berdarah dingin dan perlu diam selama beberapa menit untuk pemanasan. Saya beruntung cukup tinggi untuk mendatar Honda saat duduk di atas sadel 37,2 inci. Dengan roda 21-/18-inci, perjalanan suspensi 12 inci dan ground clearance 12,6 inci, ketinggian kursi yang rendah bukanlah pilihan. Ini adalah perjalanan pertama saya di CRF, dan dari ketinggian stang dan posisi tuas hingga penempatan pasak bergerigi, semuanya terasa pas, terutama saat berdiri. Tidak ada yang perlu dipikirkan, tidak ada yang mengganggu atau membuat saya frustrasi.

Kami mendekati bukit pasir pertama dengan klip yang bagus dan mendaki wajahnya. Saya segera menyadari bahwa ini bukan pasir biasa, atau setidaknya bukan kondisi biasa. Sedangkan pasir kering longgar dan tidak dapat diprediksi, pasir basah keras dan memiliki banyak traksi. Itu sangat melegakan. Kami telah menurunkan ban kami menjadi sekitar 12 psi depan dan belakang, tetapi CRF dilengkapi dengan ban dual-sport IRC GP21/22 dengan rating 70% on-road/30% off-road, jauh dari knobbies penuh pada Kevin. YZ250F. IRC menggali tepat, menahan garis dan memberi saya kepercayaan diri lebih dari keterampilan saya dijamin.

Saya tidak bisa benar-benar mengatakan seperti apa rasanya mengukir satu set bukit pasir, tetapi Kevin dan saya seperti gelandangan ski di hari yang segar, atau peselancar yang membelah gelombang musim dingin. Kami memotong busur besar melintasi bukit pasir, mendakinya pada suatu sudut sambil berhati-hati untuk tidak meluncur melewati bibir ke dalam jurang. Angin berputar-putar yang terus-menerus membentuk bukit pasir menciptakan penurunan tiba-tiba, lubang yang dalam dan bahaya lainnya, dan kemudian mungkin ada sepeda motor, quad atau kereta yang mengintai tanpa terlihat.

Seiring berlalunya hari dan Kevin terus melatih saya, apakah saya-saya-lakukan-ini-benar? kekhawatiran memudar dan kegembiraan yang penuh adrenalin mengambil alih, setidaknya sampai saya memotong throttle dan akhirnya berguling-guling di pasir seperti kue gula. Syukurlah untuk penjaga tangan baru. Dengan kopling ringan, perpindahan gigi mulus, dan rem ultra-presisi, mengendarai CRF450RL terasa seperti kebiasaan, seperti saya telah mengujinya selama berbulan-bulan. Suspensi Showa berkualitas tinggi melindungi saya dari penyalahgunaan dan menjaga sasis yang kokoh di jalurnya, baik saat saya meluncur dari bukit pasir atau terbang menuruni lintasan dengan gigi 5.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Pancake Durian Medan: Kelezatan Durian dalam Setiap Potongannya

Mulai Cepat Pemasaran Internet Anda - Hanya Untuk Pemula

Cara Memilih Sofa Untuk Rumah Anda